Contoh Hard News, Soft News dan Feature

CONTOH BERITA HARD NEWS, SOFT NEWS, DAN FEATURE BESERTA NEWS VALUE MASING MASING


Di postingan saya sebelumnya, sudah dijelaskan tentang apa itu berita hard news, soft news dan feature. Dan untuk kali ini saya beri contoh dari masing-masingnya beserta news value yang termasuk apa saja. Dengan sumber dari koran Surya yang terbit tanggal 22 Maret 2018.  

1. Hard News
Judul berita : Waspadai Skimming, Polisi Pelototi ATM
Diambil dari koran Surya hlm 17 tanggal 22 Maret 2018

News Value
- Significant (penting)
“Jajaran Polres Gresik meningkatkan pengamanan atas keberadaan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Gresik. Langkah itu diambil untuk mengantisipasi tindak kejahatan perbankan berupa skimming yang belakangan semakin sering dialami para nasabah bank-bank di Indonesia”.
Alasan: Sebelumnya yaitu arti dari kata skimming adalah aktivitas yang berkaitan dengan upaya pelaku untuk mencuri data dari pita magnetik kartu ATM secara ilegal untuk memiliki kendali atas rekening korban. Modus operasinya adalah mengkloning data dari magnetic stripe yang terdapat pada kartu ATM milik nasabah. Berita ini sangat penting karena banyaknya tindak kejahatan dengan cara skimming tersebut. Sehingga perlunya untuk ditindak lanjuti dan diantisipasi oleh pihak berwajib agar pihak nasabah bank tidak dirugikan atas kejahatan tersebut. 

- Timeliness (waktu)
“Rabu (21/3) anggota Polres Gresik melalui jajaran polsek-polsek rutin memeriksa dan mengamankan ATM-ATM. Lubang kartu, keyboard serta lubang keluar uang dipelototi”.
Alasan: Peristiwa ini sangat membuat resah para nasabah bank-bank pemerintah sehingga menyebabkan anggota polisi turun langsung di TKP. Berita ini sangat terbaru dan baru sehari yang lalu diambil. 

2. Soft News 
Judul berita : Olah Jadi Produk Makanan Minuman
Diambil dari koran Surya hlm 11 tanggal 22 Maret 2018

News Value :
- Significant (penting)
“Hasil panen tanaman RT 1 RW 4 Lakarsantri tidak hanya dikonsumsi sendiri, tetapi juga diolah ibu-ibu PKK untuk dijual. Seperti tanaman mangga dan belimbing biasanya diolah menjadi manisan dan minuman. Sedangkan tanaman toga diolah menjadi jamu. Selain itu, ibu-ibu PKK memanfaatkan limbah rumah tangga untuk diolah menjadi pupuk”.
Alasan: Ide kreatif para ibu-ibu PKK RT 1 RW 4 Lakarsantri Surabaya dalam memanfaatkan peluang bisnis menjadikan kampung mereka makmur dan sejahtera. Dikarenakan hasil penjualannya untuk menambah kas kampung. Kampung mereka juga terlihat lebih asri karena banyak tumbuhan yang terawat. Dan kekreatifan mereka juga dapat mengurangi limbah rumah tangga yang dimanfaatkan untuk menjadi pupuk. Sehingga dapat menghemat pengeluaran dalam hal perawatan tanaman.

3. Feature
Judul berita : Guru Asing Rela Antri Mengajar
Diambil dari koran Surya hlm 13 tanggal 22 Maret 2018

News Value :
- Significant (penting)
“Banyaknya guru relawan dari luar negeri seperti dari Amerika, Finlandia, Belanda, Inggris, Spanyol, Jepang, Korea, Australia, dan Singapura yang ingin mengajar di kampung sinaoe (Madura). Mereka datang bergilir, tidak sembarangan orang yang dapat mengajar di kampung tersebut. Ada seleksi sebelum dipersilahkan mengajar. Mereka biasanya mengajukan permohonan lewat email. Meski jumlahnya banyak tetapi dibatasi dua orang setiap bulan untuk mengajarkan Bahasa Inggris ataupun yang lain ke kampung sinaoe tersebut”. 
Alasan:  Kedatangan para relawan tersebut sangat bermanfaat sekali bagi anak-anak di kampung tersebut maupun disekitarnya. Karena mereka dapat belajar Bahasa Inggris langsung dengan guru asing yang sudah berpengalaman. Dan lebih beruntungnya mereka karena tidak dipungut biaya apapun atau gratis. Jadi dapat menambah ilmu gratis dan diajari dengan guru yang berpengalaman. 

- Timeliness (waktu)
“Azam menuturkan, kedatangan para relawan itu berawal pada tahun 2007 silam. Tapi mereka ke Madura hanya sebatas mencari jejak nenek moyangnya di masa kolonial. Hingga akhir-akhir ini semakin membludak yang ingin menjadi relawan di kampung sinaoe tersebut”.
Alasan: Peristiwa pada berita tersebut sudah terjadi pada tahun 2007 silam. Tetapi karena teknologi yang semakin canggih sehingga menyebabkan akhir-akhir ini semakin membludak yang ingin menjadi relawan di kampung sinaoe tersebut. Tidak ada salahnya kecanggihan teknologi di zaman ini dimanfaatkan untuk semakin mengenalkan kampung sinaoe kepada dunia luar.   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis 5W+1H Berita

Sejarah Jurnalistik