Apa itu Pers???

PERS


       Pers dalam arti sempit yaitu media cetak. Dalam arti luas berarti media massa. Pers atau media massa adlah naluri alamiah manusia untuk mengetahui apa yang terjadi di sekitarnya. Fungsi dari lembaga pers adalah mengantarkan informasi kepada khalayak. 
       Menurut UU no 40 Tahun 1999 tentang pers, pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi mencari, memperoleh, mengolah, memiliki, menyimpan dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia. 

       5 fungsi utama pers :
1. To Inform : Menyampaikan informasi secepatnya kepada masyarakat seluas luasnya
2. To Educate : Informasi yang disebarluaskan ialah dalam rangka mendidik 
3. To Influence : Mengawasi dan mengontrol kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif sebagai watchdog dan social control
4. To Entertaint : Pesan rekreatif yang disajikan tidak boleh bersifat negatif apalagi destruktif
5. To Mediate : Mampu menghubungkan tempat yang satu dengan tempat yang lain, orang yang satu dengan yang lain, peristiwa satu dengan yang lain.

       Macam-macam pers berdasarkan kualitasnya :
1. Pers berkualitas : Pers yang secara jenisnya tetap komersiil tetapi dikelola secara konseptual dan profesional. Pers jenis ini serius dalam segala hal dengan mengutamakan pendekatan rasional institusional. Penerbitan pers berkualitas, ditujukan untuk masyarakat kelas menengah atas. 
2. Pers populer : Penerbitan pers populer memilih cara penyajian yang sesuai dengan selera zaman, cepat berubah-ubah, sederhana, tegas lugas, enak pandang, mudah dibaca, kaya warna, dan sangat kompromistis dengan tuntutan pasar. Pers populer sangat menekankan nilai serta kepentingan komersial. Pers jenis ini lebih banyak memberikan informasi dan hiburan. 
3. Pers kuning : Penyajian pers kuning banyak mengeksploitasi warna, tidak menganut pola penulisan judul dan pemakaian tata bahasa yang benar dan baik. Apapun bisa dipakai dan dicoba, menggunakan pendekatan SCC (Sex, Conflict, Crime). Beritanya termasuk rendahan. 

       Macam-macam pers berdasarkan sirkulasinya :
1. Pers Komunitas : Pers yang dimasukkan untuk memenuhi kebutuhan khalayak pembaca yang berada dalam suatu lingkungan, misalnya suatu organisasi, perusahaan dan wilayah. Secara umum, peran dan dungsi media komunitas merujuk pada tugas atau kewajiban yang harus dijalankan oleh lembaga media komunikasi dan informasi di tengah-tengah komunitasnya. 
2. Pers Lokal : Pers lokal hanya beredar di sebuah kota dan sekitarnya. Pers lokal berkedudukan di ibu kota propinsi. Sirkulasinya meliputi seluruh kota yang terdapat dalam propinsi itu. 
3. Pers Nasional : Pers nasional kebanyakan berkedudukan di ibukota negara. Wilayah sirkulasinya meliputi seluruh wilayah yang terjangkau oleh sarana transportasi. 
Pers Internasional : Pers yang hadir di sejumlah negara dengan menggunakan teknologi sistem cetak jarak jauh dengan pola pengembangan zona atau wilayah. 

       9 inti prinsip jurnalisme menurut Bill Kovach dan Tom Resential : 
1. Kewajiban pertam jurnalisme adalah pada kebenaran (truth)
2. Loyalitas pertama jurnalisme adalah kepada warga masyarakat
3. Inti jurnalisme adalah disiplin untuk melakukan verifikasi 
4. Para wartawan harus memiliki kebebasan dari sumber yang mereka liput 
5. Wartawan harus mengemban tugas sebagai pemantau yang bebas terhadap kekuasaan 
6. Jurnalisme harus menyediakan forum untuk kritik dan komentar publik
7. Wartawan harus berusaha keras membuat hal penting menjadi menarik dan relevan (nyambung)
8. Tetap menjaga agar berita proporsional (sesuai dengan porsinya atau sesuai dengan kenyataan)
9. Mengutamakan hati nurani 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Hard News, Soft News dan Feature

Analisis 5W+1H Berita

Sejarah Jurnalistik