Tugas UAS



Paskibra SMPN 51 Surabaya yang menawan


Pasukan Pengibar Bendera atau lebih keren disebut Paskibra bukan hanya eksis saat tujuh belasan saja. Di SMPN 51 Surabaya, Paskibra menjadi salah satu ekskul yang cukup keren dan banyak peminatnya. Berbagai ajang kejuaraan pun diraih. Ibaratnya sudah menjadi tradisi menang!
“Meskipun Paskibra peminatnya banyak tetapi yang benar bertahan cuman sedikit. Apalagi jika sudah diadakan diklat banyak yang keluar karena memang mungkin mereka bermental manja. Karena pada dasarnya Paskibra di didik untuk mengajarkan kebersamaan, kekompakan, kedisiplinan terutama melatih mental dan fisik,” ujar Edi Santoso, Pembina Paskibra SMPN 51 Surabaya saat ditemui di SMPN 51 Surabaya, Sabtu (09/06/18).
Paskibra yang diberi nama VIP tersebut pun sudah banyak meraih kejuaraan. Diantarannya yaitu Juara 3 kategori Winner Korsa di SMAN 13 Surabaya, Juara 3 lomba pengibaran di SMPN 32 Surabaya, Juara pasukan terfavorit di SMA Dr. Soetomo. Dan banyak perlombaan yang pernah diikuti meskipun belum mendapatkan juara misalnya Lomba PBB tanpa ada variasi dan formasi di SMAN 9 Surabaya, Lomba pengibaran di SMAN 1 Surabaya.
Dan lomba yang paling terkesan yaitu mendapatkan Juara 3 kategori Winner Korsa di SMAN 13 Surabaya pada tanggal 5 Mei 2018. “Walaupun sudah sering mendapatkan juara tapi yang paling berkesan itu saat berhasil memperoleh Juara 3 kategori Winner Korsa kami tidak menyangka bisa mendapatkan juara tersebut. Benar – benar persiapannya sangat matang untuk mendapatkan juara tersebut,” ujar Edi Santoso.
“Sebenarnya kalah ataupun menang sudah biasa dalam perlombaan, piala atau kemenangan itu hanya bonus yang paling penting itu adalah prosesnya. Karena melalui proses tersebut, saya bisa membuat anak – anak tumbuh lebih dewasa dan bijak. Proses itu tidak akan menghianati hasil,” ujarnya. 


Dalam hal latihan rutin Paskibra sebenarnya hanya hari Sabtu saat waktu Ekskul sekolah. Tetapi jika ada perlombaan maka latihannya menjadi setiap hari kecuali hari minggu. Mereka benar – benar dilatih untuk bisa mendapatkan juara. Pada tahap selanjutnya, Edi Santoso membagi menjadi beberapa tim untuk memunculkan kompetisi sebagai terbaik. Nah, tim terbaiklah yang nanti akan diikutkan lomba.
Nama Paskib VIP sendiri sebenarnya ada filosofi dari pengambilan nama tersebut. V itu diambil dari angka 5 yang berbentuk romawi. I itu juga diambil dari angka 1 yang berbentuk romawi. Sedangkan P itu yang berarti Paskibra. Jadi, VIP berarti 51 Paskibra. Artinya Paskibra SMPN 51 Surabaya.
Sementara anggota Paskibra SMPN 51 Surabaya saat di wawancarai alasan mengikuti Ekskul Paskib, ia mengatakan “Awalnya hanya tertarik dan di ajak teman – teman untuk mengikuti Paskib tapi makin kesini makin seru dapat memperoleh teman baru, mengajarkan kebersamaan, kekompokan dan melatih mental dan fisik saya,” ujar Tabhita Rusella Pamuja anak kelas 8D SMPN 51 Surabaya.
Sama hal nya dengan Cintia Kasih “Awalnya dari sering melihat pengibaran bendera di Istana Negara yang disiarkan di televisi, jadi terinspirasi dan ingin menjadi bagian dari paskibra. Kebetulan di SMPN 51 Surabaya ada Ekskul Paskibra, langsung saja saya bergabung,” ujarnya.
“Minta doanya juga supaya SMPN 51 bisa menang, akan diadakan lomba Paskibra di SMAN 16 Surabaya dan SMAN 17 Surabaya tetapi masih belum tahu pasti tanggalnya soalnya undangan lombanya masih belum dibuka,” ujar Tabitha Rusella Pamuja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Hard News, Soft News dan Feature

Analisis 5W+1H Berita

Sejarah Jurnalistik